top of page

5 Bakmie Ayam Paling Enak di Jakarta

Bakmie sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Hidangan bakmie ini sejatinya berasal dari Tiongkok dan sudah sangat umum dijadikan sebagai makanan utama di Singapura, Malaysia dan Indonesia. Karena memang Bakmie memiliki cita rasa yang cocok oleh orang Indonesia.


Bakmie terbuat dari tepung terigu, mengandung banyak karbohidrat dan seperti menjadi makanan pokok kedua setelah nasi. Selain mengenyangkan, mie juga memiliki tekstur kenyal dan enak, diberikan kuah atupun dibuat goreng bakmie tetap saja nikmat. Kali ini saya coba untung mengulas mengenai Bakmi Ayam.


Bakmie Ayam berkembang pesat dan masuk ke seluruh daerah di Indonesia disajikan dari gerobak pedagang keliling sederhana yang sering mengunjungi daerah pemukiman, warung pinggir jalan yang sederhana hingga restoran mewah. Berikut beberapa Bakmie Ayam paling enak (menurut saya) di jakarta:



  1. Bakmie Ayam Berdikari

bakmie ayam berdikari @bakmiberdikari
bakmi ayam berdikari @bakmiberdikari

Rasa Bakmie di restoran ini memang luar biasa. tidak heran pembelinya pun cukup banyak. Bakmie Ayam disini adalah salah satu favorit saya, cocok dengan selera. Menunya sendiri pun unik dengan citarasa yang sangat khas dan saya gak pernah bosan makan disini rasanya benar-benar luar biasa.


Bakmie Ayam spesial BDK ini minyak wijen di kuahnya cukup berasa, apalagi jamur kecapnya, ditambah dengan kenyal baksonya yang enak, potongan ayam rebusnya juga nikmat, apalagi pangsit gorengnya, hmm.. pokoknya paduannya pas sekali.


Jika ingin merasakan citarasa dari resep turun temurun jangan ragu datang kesini. Lokasi Bakmie ini ada di Jalan Tebet Timur Jakarta Selatan, tempatnya cukup strategis, gampang terlihat juga nyaman dan bersih. Selain Bakmie Ayam yang menjadi favorite saya, menu lainnya pun tak kalah enak loh.


2. Bakmi Ayam Alok


bakmie ayam alok @bakmiayamalok
bakmie ayam alok @bakmiayamalok

Disini gak usah ribet-ribet pilih menu, karena Bakmie Ayam Alok memang cuma menawari satu tipe bakmie, yaitu bakmie karet dengan topping irisan daging ayam yang enak dan sedap.

Daging ayamnya pun bisa pilih antara paha dan dada yang pasti mereka pakai ayam kampung loh, teksturnya Bakmienya juga lembut, begitu juga dengan kuahnya, berasa banget kaldu ayamnya, plus baksonya juga enak loh. Cuma tempatnya agak panas dan sempit, ada di daerah grogol jalan muwardi, tepatnya di belakang terminal grogol.


3. Bakmie Ayam Acang

bakmie ayam acang @bakmiayamacang
bakmie ayam acang @bakmiayamacang

https://www.jakartatwilight.com/post/5-pizza-paling-enak-dan-affordable-di-jakarta

Gak begitu jauh dari Bakmie Alok di grogol, ada lagi satu Bakmie yang ga kalah fenomenal, yaitu Bakmie Ayam Acang. Pemiliknya sendiri sudah berjualan sejak tahun 1969, beliau mulai berkililing dengan gerobak dan mulai tahun 1973 mulai berani menyewa tempat sendiri.

Jatuh bangun? iya pastinya, bahkan pas jaman reformasi pun tempat ini terkena dampaknya, tapi Acang tetap bertahan dan sekarang menetap di Jalan susilo grogol.


Sama dengan Bakmie Alok, (karena memang masih satu family) Bakmie karetnya cukup kenyal dan gurih dengan topping ayam kampung yang sangat melimpah, disini bakmienya disajikan terpisah dengan kuahnya, perpaduan kaldu ayam dan daun bawang dan daun selada menjadikan kuahnya pun sudah sangat nikmat.



4. Miechino Pasar Santa


miechino pasar santa
miechino pasar santa

Kalau ke pasar santa, jangan lupa mampir di Miechino, lokasinya ada di lantai 2 pasar santa, iya pasar tradisional, yang beberapa tahun terakhir ini dijadikan tempat nongkrong dan jualan oleh kaum Hipster. Walaupun sekarang pengunjungnya sudah mulai berkurang, tapi miechino tetap bertahan disana.

Porsinya Bakmie Ayamnya cukup besar loh, mie karetnya cukup kenyal dan gurih pula, baksonya juga cukup enak, yang konon baksonya mereka bikin sendiri loh.

Menurut saya, kuahnya disini biasa aja, tapi yang spesial itu memang mie karetnya, agak-agak kenyal spesial gitu, rasanya unik, gurih dan ngangenin.



5. Bakmie Ayam Gondangdia


bakmie ayam gondangdia @miegondangdia68
bakmie ayam gondangdia @miegondangdia68

Yang terakhir, Bakmie Ayam Gondangdia, bagi yang ingin nostalgia dengan masakan khas jaman dulu, disini lah tempatnya. Rasa Bakmienya cukup legendaris, ga kalah dengan bakmie lainnya, kuah kaldunya sangat gurih dan berasa. Sedangkan ayam serta jamurnya pun terasa manis gurih khas bakmie jadul tahun 60-an. Topping ayam dan daging nya juga beneran banyak loh, ga pelit.

Lokasinya ada di daerah Cikini Jalan RP Soeroso, kalau kesini susah dapet tempat, biasanya suka nunggu dulu.


Begitulah Top 5 Bakmie Paling Enak di Jakarta menurut saya, bagaimana dengan anda? tentu punya pilihan sendiri kan? :p


 

https://www.jakartatwilight.com/post/5-roti-srikaya-paling-enak-di-jakarta-yang-wajib-kamu-coba



Comments


bottom of page