top of page

Blonde on Blonde: Magnum Opus dari seorang Bob Dylan


Bob Dylan Blond on Blonde
Bob Dylan Blonde on Blonde

Salah satu Album terbaik yang saya miliki adalah Blonde on Blonde, album ini merupakan album studio ke-7 dari sang legenda Bob Dylan, dirilis sekitar bulan mei dan july di tahun 1966. Beberapa lagu yang dirilis sebagai single diantaranya “Just Like a Woman”/“Obviously 5 Believers”, “I Want You”, “Rainy Day Women #12 & 35”/“Pledging My Time”, “Leopard-Skin Pill-Box Hat”/“Most Likely You Go Your Way and I’ll Go Mine” and “One of Us Must Know (Sooner or Later)”.


Album ini dirilis setalah album “terbaik”nya Dylan’s (menurut sebagian orang pada masa itu) yaitu Highway 61 Revisited, proses rekamannya dilakukan di New York mulai sekitar bulan Oktober 1965. Dimulai dengan proses rekaman lagu “One of Us Must Know (Sooner or Later)”, “Leopard-Skin Pill-Box Hat”, “Visions of Johanna” and “Temporary Like Achilles” yang nantinya tetap masuk di album ini, meskipun akhirnya hanya lagu “One of Us Must Know (Sooner or Later)” yang hanya berhasil direkam lengkap.


https://www.jakartatwilight.com/post/norah-jones-album-pick-me-up-off-the-floor-catatan-yang-paling-menarik-yang-pernah-ia-rilis

Dylan tidak begitu suka dengan proses rekaman yang dilakukan di New York tersebut, akhirnya dia pindah studio di Nashville bersama dengan produser Bob Johnston, dan mereka melakukan sesi rekaman dengan beberapa musisi lokal, yang mempengaruhi sound-sound baru di album ini. Dylan mengakuinya sewaktu di interview di majalah Playboy tahun 1978.


“The closest I ever got to the sound I hear in my mind was on individual bands in the Blonde on Blonde album. It’s that thin, that wild mercury sound. It’s metallic and bright gold, with whatever that conjures up. That’s my particular sound. I haven’t been able to succeed in getting it all the time”

Semenjak dirilis, Blonde on Blonde secara konsisten diakui sebagai album terbaik sepanjang masa. Termasuk dalam rangking #9 on Rolling Stone’s 500 Greatest Albums of All Time in 2012, meskipun banyak artikel lain yang menyebutkan “Dylan’s greatest masterpiece” itu album “Highway 61 Revisited” yang merukapan rangking #4. TIME Magazine juga memasukkan album ini sebagai “ALL-TIME 100 Albums”, dan juga termasuk dalam buku 1001 Albums You Must Hear Before You Die.

 

https://www.jakartatwilight.com/post/rubber-soul-awal-baru-dari-kedewasaan-the-beatles


Comments


bottom of page