top of page

Kopi C: bagaimana cara saya menikmati Kopi

"I wake up some mornings and sit and have my coffee and look out at my beautiful garden, and I go, ’Remember how good this is. Because you can lose it." - Jim Carrey

Saya bukan fanatik sama kopi tertentu, bukan tiap hari juga minum kopi, tapi setidaknya kopi itu harus dinikmati jika diminum.

kopi c kopi susu
Kopi C

Saya menikmati kopi secara tradisional melayu, tidak begitu ambil pusing dengan rasa robusta, rasa arabika, rasa buah, sedikit masam, sedikit pekat, sedikit rasa spicy ataupun sedikit rasa coklat (whattt ini mau minum kopi loh bukan coklat :D)


Kopi yang dijual di mini market depan komplek rumah juga sudah cukup, entah itu tubruk Kapal Api, kopi Liong Bulan di Bogor atau kopi Selamat Pagi di Batam (ini kopi favorite saya, dulu sering minta kirim dari Batam karena kenal sama yang jual, tapi semenjak ada tokopedia cukup pesan via online saja)



Penyajiannya pun tidak perlu harus pakai mesin kopi yang canggih atau pun rumit (karena listriknya mahal hehehe), cukup direbus di ceret alumunium dengan 1 atau 2 sendok kopi (bubuk sudah digiling) dengan air secukupnya, airnya air masak, air bukan mineral ga masalah koq.


Setelah sebelum mendidih blebek blebek, angkat, saring ampasnya, dan sedikit ditarik-tarik, agar wangi kopinya keluar. Kopi ini sudah bisa dinikmati, tinggal bagaimana selera kita saja, mau dicampur gula, susu atau murni kopi pahit.


Jadi begini, secara tradisional melayu ada macam-macam cara penyajian campuran kopi diatas. pakai gula, atau susu, atau creamer.

Sedikit saya rangkum cara penyajian Kopi ala melayu, bisa saya simpulkan seperti dibawah ini:

C : dicampur susu evaporasi

O : dicampur gula, ga pake susu

Kosong : ga pake gula

Kao: kopinya kental

Poh: kopinya encer

Peng: pake es batu


Jadi kalau ada minta Kopi-O berarti kopinya cuma pakai gula, atau Kopi Peng berarti maksudnya Es Kopi.

kopi o kopi gula
Kopi O

Favorite saya? Kopi C!

Selain dicampur susu evaporasi, juga dicampur sedikit krimer kental manis.

Untuk susu evaporasi bisa merk apa saja, entah itu Carnation atau F&N. Juga sama untuk krimer kental manis, mau pakai susu bendera, cap nona atau indomilk juga ga masalah.

Padanan minum Kopi C? biasanya saya juga bikin roti selai kaya dan telur setengah matang.

Begitulah cara saya, selanjutnya bagaimana dengan cara kamu menikmati kopi?

 




コメント


bottom of page