top of page

TENET: Konsep Time Inversion dalam Kisah spionase

Dalam ilmu Fisika, ada sebab - akibat dari setiap tindakan. Time inversion ini bertolak belakang, karena efek/akibat lebih dulu ditampilkan yang kemudian sebabnya baru terjadi. "mungkin" inilah maksud dari Tenetnya Nolan :D berkomunikasi atau mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan.



Secara harfiah Tenet berarti sebuah asas, kepercayaan, atau ajaran yang umumnya dianggap benar.

Film ini merupakan film ke-11 dari Nolan yang ia sutradarai sendiri, seperti karya dia yang lain, film ini akan membuat intelektual kita terstimulasi juga terpukau dari pengambilan visual gambar yang menakjubkan.

Pemilihan casting juga sangat brilian dari Nolan untuk seorang Robert Pattinson, Sebaik-baiknya atau seburuk-buruknya penampilan Batman, tetap Batman akan menjadi perhatian dunia. Juga penunjukan main role John Davis Washington yang bermain cukup gemilang di BlacKkKlansmannya Spike Lee. Selain itu ada pula para pendukung seperti Elizabeth Debicki, Dimple Kapadia, Michael Caine, Kenneth Branagh, Aaron Taylor-Johnson, Clémence Poésy dan Himesh Patel.


Dari sisi tim produksi Nolan kembali bekerja sama dengan Hoyte van Hoytema, seorang cinematographer dari 2 film Nolan terakhir, yaitu “Interstellar” dan “Dunkirk”, juga Nolan pertama kali bekerja sama dengan composer Ludwig Göransson (pemenang Oscar untuk “Black Panther”).


Warner Bros akan merilis film ini pada tanggal 17 Juli 2020, tapi dengan kesepakatan Studio dan Nolan sendiri apakah nanti Theater bioskop sudah aman atau tidak dari Pandemi.


Pattinson sendiri sewaktu diwawancara oleh majalah GQ awal bulan ini mengatakan bahwa "Tenet" adalah "sangat gila," jika ia bandingkan setiap potongan aksi dalam film dengan klimaks dari film aksi lainnya. Pattinson menambahkan bahwa dia bahkan tidak yakin apakah dia benar-benar memahami film ini, tetapi Nolan mengklarifikasi bahwa siapa pun yang menonton "Tenet" harus pulang dengan pertanyaan dan ambiguitas untuk diurai.



Saya tidak akan membahas detil soal plot film ini, sensasi film-film Nolan yah harus dinikmati alur cerita dan indahnya gambar di layar perak.

Pertanyaan saya cuma satu, Micael caine akan berperan sebagai apa di film ini? :D para penggemar Nolan pun pasti penasaran kan..

 




Comments


bottom of page